PEMBELAJARAN PAI BERBASIS INTERNET

19.50 Yayu Susanti 0 Comments

PEMBELAJARAN PAI BERBASIS INTERNET
NAMA        : YAYU SUSANTI
Semester    : VII (Tujuh)
Nim        : 2012102010835

A.     Pengertian ICT dan Perkembagan Pembelajaran  PAI Berbasis Internet
ICT (Information and Communication Technology) atau yang lebih dikenal dengan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) adalah berbagai aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa dan teknik pengolahan yang digunakan dalam pengendalian dan pemrosesan informasi serta penggunaannya, hubungan computer dengan manusia dan hal yang berkaitan dengan social, ekonomi dan kebudayaan (British Advisory Council for applied Research and Development: Report on Information Technology; H.M. Stationery Office. 1980)
Pengertian lainnya diungkapkan oleh beberapa orang ahli (Abdul Kadir,2003:13) antara lain dalam kamus Oxford dituliskan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika terutama computer, untuk menyimpan, menganalisis dan mendistribusikan informasi apa saja,termasuk kata-kata, bilangan dan gambar.
Berkembangnya metode pembelajaran sangat berperan penting terhadap kemajuan pola pembelajaran itu sendiri, terutama di bidang peningkatan mutu pendidikan pada anak. Dalam hal ini adalah peningkatan mutu PAI, seiring berkembangnya media pembelajaran dan juga evaluasi pendidikan yang terus menerus berkembang, pembelajaran PAI baik itu SD,SMP,SMA, dan SMK, nampaknya metode pembelajaran bersetandar PAKEM ((Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) harus mulai diterapkan. Sehingga pola pikir peserta didik terhadap pembelajaran PAI utamanya yang lebih di tekankan disini mampu melahirkan minat anak dan jiwanya tergugah pada aktivitas pembelajaran yang berkembang pada satu pola yang maju dengan memanfaatkan fasilitas media pembelajaran berbasis ICT, karna itu tenaga pendidik sebaga fasilitator harus mampu dan peka terhadap perkembangan dan perubahan paradigma di dunia pendidikan, dimana dalam hal ini peserta didik tidak lagi di posisikan sebagai objek, melainkan subjek dari pembelajaran itu sendiri.


B. Tujuan Pembelajaran PAI Berbasis Internet
Tujuan pengembangan pendidikan Agama Islam berbasis ICT memiliki kompetensi dalam mengintggrasikan TIK dalam pembelajaran, sehingga mereka mampu memberikan arahan dan bimbingan terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK yang dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan, dan di harapkan memiliki karakteristik kemampuan sebagai berikut :
a.    Mampu menjelaskan konsep pengintegrasian TIK dalam pembelajaran.
b.    Mampu mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terintegrasi dalam pembelajaran.
c.    Mampu membuat media penyaji.
d.    Mampu membuat e-mail dan dapat mencari sumber belajar berbasis internet.
e.    Mampu menganalisis dan mengelola hasil penilaian berbasis TIK.
f.    Mampu menjalankan media pembelajaran e-learning, yang memang arah pembelajaran melalui media internet sudah terarah.
Pada dasaranya, hal yang terpenting adalah penyajian dari pendidik dalam mengkolaborasikan media dengan kurikulum yang ada, dan mengembangkannya lewat RPP. Sehingga tercipta satu kesatuan yang tercipta dari landasan agama dan teknologi informasi, dengan hasil yang diharapkan. Terkumpulnya pembelajaran yang terintegrasi dengan TIK  dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan.

C. Pemanfaatan Ict Dalam Pembelajaran PAI
Dunia ICT kini memberikan banyak pilihan kepada semua orang. Tak terkecuali Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI). Misalnya e-dukasinet/pembelajaran berbasis internet, penggunaan telematika, e-learning, blog, multimedia resources center, teknologi pembelajaran melalui komik, dan vidio conference. Namun, setiap pilihan membawa konsekuensi tersendiri, karena ia bertalian dengan sarana di sekolah, termasuk yang dimiliki sendiri oleh GPAI. Secara umum, jenis bahan ajar yang dapat dipilih adalah:
1. Bahan ajar pandang (visual) terdiri atas bahan cetak (printed) seperti antara lain handout, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, foto/gambar, dan non cetak (non printed), seperti model/maket.
2. Bahan ajar dengar (audio) seperti kaset, radio, piringan hitam, dan compact disk audio.
3. Bahan ajar pandang dengar (audio visual) seperti video compact disk, film.
4. Bahan ajar multimedia interaktif (interactive teaching material) seperti CAI (Computer Assisted Instruction), compact disk (CD) multimedia pembelajaran interaktif, dan bahan ajar berbasis web (web based learning materials).
Dari semua uraian tersebut, maka perlu dirumuskan Rencana Strategis dalam pemanfaatan ICT menuju hasil pembelajaran PAI yang berkualitas. Strategi ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.    Penyusunan Dan Pelaksanaan Instrumen Pembelajaran PAI (Silabus, Rpp, Modul Bahan Ajar, Sistem Penilaian Dan Analisis Instrumen Penilaian). Tersusunnya semua perangkat pembelajaran mulai Silabus sampai Analisis Instrumen Penilaian yang sudah dientri melalui computer.
2.    Tersedianya dan terlaksananya pembelajaran yang mengacu pada Bahan ajar pandang (visual) terdiri atas bahan cetak (printed) seperti antara lain handout, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, foto/gambar, dan non cetak (non printed), seperti model/maket.
3.    Tersedianya dan terlaksananya pembelajaran yang mengacu pada Bahan ajar dengar (audio) seperti kaset, radio, piringan hitam, dan compact disk audio.
4.    Tersedianya dan terlaksananya pembelajaran yang mengacu pada Bahan ajar pandang dengar (audio visual) seperti video compact disk, film.
5.    Tersedianya dan terlaksananya pembelajaran yang mengacu pada Bahan ajar multimedia interaktif (interactive teaching material) seperti CAI (Computer Assisted Instruction), compact disk (CD) multimedia pembelajaran interaktif, dan bahan ajar berbasis web (web based learning materials).

KESIMPULAN
Information and Communication Technologies (ICT) atau yang lebih dikenall dengan TIK merupakan media untuk melakukan kegiatan seperti pemrosesan, manipulasi, pengolahan dan pemindahan informasi. Dengan prinsip penggunaan ICT yang efektif dan efisien, optimal, menarik dan merangsang daya kreativitas siswa, Penggunaan ICT dalam pembelajaran antara lain sebagai tutorial, alat aolikasi dan komunikasi,Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan Agama Islam bertujuaan mempermudah penyampaian materi dan pemahaman peserta didik, terutama materi - materi yang butuh gambaran tertentu. Semuanya akan berjalan lancar tergantung dengan kondisi teknologi dan jaringan yang tersedia. Tujuan pengembangan pendidikan Agama Islam berbasis ICT memiliki kompetensi dalam mengintggrasikan TIK dalam pembelajaran, sehingga mereka mampu memberikan arahan dan bimbingan terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK yang dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan. Dunia ICT kini memberikan banyak pilihan kepada semua orang. Tak terkecuali Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI). Misalnya e-dukasinet/pembelajaran berbasis internet, penggunaan telematika, e-learning, blog, multimedia resources center, teknologi pembelajaran melalui komik, dan vidio conference.

DAFTAR PUSTAKA
Junaidi,  Modul Pengembangan ICT (Information & Communication Technology) Materi peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) tingkat Sekolah Dasar
(SD) , Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, 2011
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran ( Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2008)
Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara,  2009) cet. Kedelapan.
Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam.







0 komentar: